Rabu, 06 Oktober 2010

Wayang Gantung



     Masih dalam human interst photography, photo ini kuambil di sebuah kampung di kaki bukit yang biasa disebut Gunung Besi. Perkampungan ini termasuk dalam wilayah kecamatan Singkawang Selatan. Photo yang ini kuberi judul 'Wayang Gantung', cerita tentang dedikasi seorang seniman tua dalam melestarikan seni budaya yang dicintainya.
     Wayang Gantung ini termasuk seni tradisional masyarakat Tionghoa yang merupakan etnis dengan jumlah warga terbanyak di kota Singkawang. Kalo kuperhatikan Wayang Gantung ini mirip sekali dengan seni budaya gabungan Tionghoa-Indonesia yang disebut 'Wayang Potehi'.
     Potehi berasal dari kata poo (kain), tay (kantong) dan hie (wayang). Wayang Potehi adalah wayang boneka yang terbuat dari kainSang dalang akan memasukkan tangan mereka ke dalam kain tersebut dan memainkannya layaknya wayang jenis lain. Kesenian ini sudah berumur sekitar 3.000 tahun dan berasal dari daratan China asli.* Hanya saja dalam memainkannya Wayang Gantung ini menggunakan tali-tali yang dihubungkan antara wayang dengan tangan si seniman atau dalangnya.
     Semoga seni budaya tradisional yang ada di negara kita, tetap lestari dan tak lapuk dimakan zaman...


*sumber dari wikipedia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ragaka Peta